Contoh Aksi Nyata Penyebaran Pemahaman Merdeka Belajar

Contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar

PUSTAKAGURU.ID – Contoh aksi nyata penyebaran pemahaman merdeka belajar dapat dilakukan melalui benyak tahapan. Program ini merupakan sebuah pendekatan yang mahasiswa dan mahasiswa dapat memilih mata pelajaran yang mereka minati. Hal ini agar mahasiswa dan mahasiswa dapat mengoptimalkan keterampilannya dan memberikan kontribusi terbaiknya selama bekerja untuk negara.

Menteri Pendidikan Republik Indonesia, Nadiem Makarim mengatakan bahwa Merdeka Belajar adalah sebuah konsep pendidikan antara semua pemangku kepentingan agar menjadi agen perubahan. Pemangku kepentingan tersebut antara lain keluarga, guru, lembaga pendidikan, industri dan masyarakat. Terdapat Tiga indikator keberhasilan program studi Merdeka oleh Kementerian. Yakni, partisipasi siswa dalam pendidikan Indonesia merata, pembelajaran efektif, dan kurangnya backlog siswa.

Sehubungan dengan kurikulum ini, sekolah atau lembaga pelaksana ditugaskan untuk menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang. Segera sekolah harus mendukung sumber daya yang tersedia. Salah satunya adalah dengan menawarkan berbagai pelatihan bagi para guru. Pelatihan berawal dari kurikulum, konsep dan langkah-langkah implementasi pada tingkat pemahaman. Termasuk adanya praktik nyata dari guru. Jadi hasilnya bukan hanya pengetahuan, tetapi juga pemahaman terapan.

Baca juga: Digital Skill Bagi Guru

Contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar

A. Aksi Kegiatan Penyebaran kepada Siswa

"Contoh

"Contoh

"Contoh

B. Form Umpan Balik Penyebaran Pemahaman

"Contoh

C. Form Hasil Respon Umpan Balik dari Siswa

Hasil Form Aksi Nyata
Hasil Form Aksi Nyata

D. Refleksi

Hal mendasar yang saya pahami dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar yaitu audience atau peserta didik yang sebelumnya hanya mengetahui secara singkat namun sekarang menjadi lebih jauh mengetahui tentang esensinya. Pemahaman tersebut mengubah cara pandang atau sudut pandang saya sebagai pengajar bahwa program ini merupakan langkah transformatif yang baik dan berkesinambungan sehingga harus diterapkan dengan baik. Langkah konkrit saya selanjutnya yaitu mengaplikasikan dengan pendekatan yang menyenangkan pada sekolah SMK YP 17 PARE, sehingga unsur kebermanfaatan dan penyampian akan lebih bermakna.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *